9 Cara Pabrik Rokok Membuat Produknya Lebih Nyandu

Bahaya Rokok

R

okok, bukan barang yang asing lagi di tengah-tengah masyarakat. Meski berbagai cara telah dilakukan pihak Pemerintah untuk membatasi konsumsi rokok, yang terbaru ialah Pemerintah mewajibkan kepada produsen rokok untuk memuat gambar tentang bahaya rokok. Namun nayatanya belum ada pengaruhnya secara signifikan. Tahukah sobat bahwa rokok yang beredar sekarang ini, dan dinikmati jutaan orang di belahan dunia ternyata lebih berbahaya dibandingkan dengan rokok 50 tahun silam. Wow.

Mengutip dari Inilah.com bahwa perokok saat ini memiliki resiko terkena kanker paru-paru jauh lebih tinggi dibanding perokok setengah abad lalu. Menurut situs dailymail.co.uk, perokok saat ini tidak hanya beresiko terkena kanker paru, tetapi juga penyakit paru kronis lainnya, walau hanya sedikit merokok, atau telah lama berhenti merokok.

Rokok sekarang ini, atau bahkan dalam 30 tahun terakhir, bukan lagi sekedar irisan tembakau diberi sedikit cengkeh dan pengharum, lalu dilinting dan dibakar. Rokok saat ini terdiri dari komposisi yang rumit, dan sengaja dirancang untuk membuat siapapun kecanduan sejak pertamakali menikmatinya.

The Campaign For Tobacco-Free Kids menyebutkan ada sembilan cara pabrik rokok membuat produknya lebih nyandu, lebih menarik bagi anak-anak, dan lebih mematikan. berikut ulasannya:

  1. Paru-paru karena bahaya rokokBronkodilator (Bronchodilators)

    Produsen menambahkan bahan kimia untuk memperluas saluran udara paru-paru, sehingga memudahkan asap rokok masuk.

  2. Peredaran nikotin di otakPeningkatan Nikotin (Increased Nicotine)

    Pabrik rokok mengontrol penambahan dan pengurangan nikotin dalam tiap produknya. Cara ini dilakukan untuk memastikan seberapa cepat konsumen mengalami kecanduan rokok hasil produksinya.

  3. Penyedap Rasa (Flavorings)

    Banyak cara untuk mengajak konsumen mencoba produk baru. Salah satunya menambahkan rasa manis dan cokelat, untuk menutupi kerasnya asap. Cara ini juga berfungsi menjadikan produk lebih menarik bagi konsumen baru, terutama anak-anak. Seperti misalkan Produk rokok dari Djarum dengan brand Djarum Black yang memiliki varian rasa cappucino bahkan teh.

  4. Nitrosamin Tembakau Khusus

    Rokok khas dari Amerika dibuat dengan tembakau campuran yang memiliki kadar nitrosamin lebih tinggi. Nitrosamin adalah salah satu penyebab kanker.

  5. Senyawa Amonia (Ammonia Compounds)

    Senyawa ini meningkatkan kecepatan nikotin menyentuh otak. Sehingga ketika sobat menghisap rokok, kemudian tiba-tiba kepala terasa sedikit pusing atau seperti mabuk. Itulah pengaruh dari senyawa ini.

  6. MentholDaun Mint

    Penelitian terbaru memperlihatkan bahwa rokok menthol lebih nyandu dari pada rokok biasa. Konsumen rokok menthol lebih banyak ketimbang rokok biasa. Menthol berfungsi mendinginkan dan mematikan saraf leher untuk mengurangi iritasi dan membuat prokok merasa lebih santai saat menikmati rokok.

  7. Gula dan Asetaldehida (Sugar and Acetaldehyde)

    Produsen rokok menambahkan gula agar asap tembakau lebih mudah dihirup dan membentuk asetaldehida serta meningkatkan efek kecanduan nikotin.

  8. Asam Levulinic (Levulinic Acid)

    Untuk mengurangi kerasnya nikotin, produsen rokok menambahkan garam asam organik pada racikan rokok sehingga asap rokok lebih lembut dan enak dinikmati.

  9. Daun MintFilter berventilasi (Ventilated Filters)

    Cara menarik lainnya adalah dengan membuat lubang ventilasi pada filter rokok. Fungsi lubang ini adalah untuk memaksa perokok menghirup lebih keras, dan carciogenes masuk lebih dalam ke paru-paru.

itulah cara-cara pabrik rokok dalam memikat konsumen dan lebih kecanduan dengan produk-produknya yang saya ambil dari sini. Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua.

Source:
Gambar – inilah.com

About the Author

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *