Asal Mula Istilah Cabe-cabean

Mengawali postingan di kategori Senggang, kali ini saya akan mengulas sebuah akronim yang popular di awal tahun 2014. Sebenarnya akronim ini telah lama digunakan namun hanya digunakan oleh orang-orang tertentu dan di awal tahun 2014 mulai muncul ke public. Sebenarnya sebelum Tahun 2014 , akronim ini sudah banyak yang tahu juga namun belum se-populer sekarang di Tahun 2014 ini.

CABE. Yap itulah akronim yang akan saya ulas. Sobat tahu istilah “Cabe-cabean”? pastinya udah tahu lha. Begitu populernya istilah cabe-cabean hingga sebuah lagu dangdut-pun muncul dengan judul yang sama serta isinya mengenai makna dari istilah cabe-cabean itu sendiri. Sebenarnya istilah “Cabe-cabean” merupakan pengulangan kata dari akronim CABE, dimana makananya tidak jauh beda dari akronim CABE. Lalu, apa kepanjangan dari akronim CABE? Yap, sebelum saya menuliskan kepanjangan dari akronim CABE, terlebih dulu saya akan ulas istilah Cabe-cabean. Karena dalam kesehariannya akronim CABE digunakan dengan istilah “Cabe-cabean”.

Apa sih maksud dari istilah cabe-cabean? Ini adalah pertanyaan yang muncul pertama kali dalam pikiran sobat ketika membaca atau mendengar istilah ini, termasuk saya. Namun secara tidak sengaja saya menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Kebetulan saya suka membaca berita di tribunnews.com, nah pada tanggal 19 januari saya menemukan sebuah berita dengan judul “Istilah “Cabe-cabean” Sedang Ngetren, Apa Maknanya?” inilah pertama kali saya tahu makna dari istilah “Cabe-cabean”.

Cabe-cabean awalnya digunakan sebagai istilah untuk menggambarkan fenomena prilaku remaja yang tergabung dalam kelompok balapan motor liar. Dimana istilah cabe-cabean ditujukan kepada cewek abg yang ikut hadir dalam balapan liar tersebut. Biasanya salah-satu dari cewek abg tersebut mejadi piala taruhan dalam balapan liar. Siapa yang menang, maka dia berhak atas cewek tersebut.

Sobat tahu istilah cheerleader? Yap, pemandu sorak dalam suatu ajang kompetisi yang biasanya cewek. Mengambil istilah dari cheerleader, dalam “kompetisi” balapan liar-pun ada “pemandu sorak” yang disebut dengan istilah “Chili Girl” yang merupakan plesetan dari cheerleader . istilah Chili Girl digunakan sebagai cewek motor dalam balapan liar dimana salah-satu dari mereka jadi ajang rebutan dalam balapan tersebut. Jadi siapa yang menang dalam balapan liar, maka dia berhak atas si Chili Girls tadi yang biasanya berkelanjutan ke masalah sex ada juga yang hanya sekedarnya tanpa kearah sex. Nah, karena hal inilah akhirnya istilah Chili Girl bermetamorfosis menjadi istilah “Gadis CABE” yang juga merupakan terjemahan dari istilah “Chili Girl” namun bukan hanya sekedar terjemahan tetapi juga merupakan sebuah akronim yang menggambarkan si gadis cabe itu sendiri. Apa kepanjangannya?

Kepanjangan dari akronim CABE begitu beragam namun maknanya sama, ada yang mengatakan CABE adalah Cewek Alay Bahan Ew* yang artinya cewek abg yang bisa dipake untuk sex. Ada juga yang menyebut Cewek Abg Bisa dipakE, Cewek Abg bahan Betotan, Cewek Alay Bahan Ew*an, ada juga yang bialng kalo CaBe itu Cantik Bego. Opss,,,,

Nah itulah kepanjangan dari akronim Gadis CABE yang sekarang kembali bermetaformosis mejadi Cabe-cabean. Seiring dengan kepopuler istilah Cabe-cabean, maknanya pun kembali beragam. Apa saja maknanya? Banyak web atau blog yang mengulas makna cabe-cabean sekarang, jadi cari aja di Om Google atau di Mbak Yahoo.

Demikianlah ulasan dari saya, mudah-mudahn bermanfaat buat sobat, bila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaklumi dan sampaikan saran sobat.

About the Author

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *