Banjir Pandeglang

Dua hari berturut-turut hujan mengguyur dengan deras dikawasan tempat Saya tinggal, yakni Ciputat Tangerang Selatan. Pada saat Buka Facebook dapat kabar kalo Kota kelahiran Saya yaitu Pandeglang terkena musibah banjir. Seketika langsung buka web Radar Banten. dan ternyata inilah kabarnya :

Bupati Pandeglang Irna Narulita menggunakan perahu karet memantau banjir di Kecamatan Munjul. Irna langsung menginstruksikan jajarannya agar segera membantu korban banjir.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menggunakan perahu karet memantau banjir di Kecamatan Munjul. Irna langsung menginstruksikan jajarannya agar segera membantu korban banjir.


Pandeglang- Di Kabupaten Pandeglang, pada Kamis (9/2), banjir merendam Kecamatan Panimbang, Munjul, Cikeusik, Angsana, dan Sobang. Kemarin (10/2), banjir meluas hingga ke Kecamatan Patia, Sukaresmi, dan Perdana. Banjir dengan ketinggian tiga meter itu terjadi sejak dini hari akibat Sungai Ciliman, Cimandahan, dan Cilatak meluap dari air kiriman dari hulu di Kabupaten Lebak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang mencatat, sebanyak 3.724 rumah dan 653 hektare tanaman padi siap panen terendam.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pandeglang Dadi Supriadi mengatakan, para korban sudah mulai pulang ke rumah masing-masing. “Sebagian pengungsi sudah kembali,” katanya
Akses menuju Kecamatan Sobang masih tertutup banjir dengan ketinggian satu setengah meter. Seperti ruas Jalan Panimbang-Sobang, tepatnya di Jembatan Solodengan, Desa Panimbangjaya, tidak bisa dilalui kendaraan. Tim BPBD, sejumlah pejabat Pemkab, dan kepolisian harus menggunakan perahu karet saat meninjau korban banjir Sobang.
Kepala Bidang Tanaman pada Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Muhamad Nasir mengatakan, banjir merendam 653 hektare tanaman padi siap panen, tersebar di Kecamatan Cikeusik, Sobang, dan Angsana. “Kasihan petani, ada yang usia tanamnya sudah 100 hari, dan sudah 80 hari. Kalau lama terendam, bisa gagal panen,” katanya.

BUPATI IRNA TINJAU BANJIR
Bupati Irna Narulita meninjau lokasi banjir di Desa Munjul, Kecamatan Munjul. Rombongan Bupati tiba di lokasi banjir pukul 15.00 WIB, bersama dengan rombongan dari BPBD Kabupaten Pandeglang, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, dan beberapa kepala SKPD dengan membawa bantuan seperti makanan cepat saji, obat-obatan, tenda, dan bantuan lainnya.
Setibanya di lokasi, Ibu Irna menginstruksikan kepada pegawainya untuk memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan, serta sebagian bantuan disimpan di tenda pengungsian yang lokasinya di dekat Kecamatan Munjul, dan bisa dipergunakan apabila ada yang membutuhkan.
Ibu Irna bersama Bapak Dadi Supriadi dan sejumlah pegawai Taruna Siaga Bencana (Tagana) setempat naik perahu karet untuk melihat kondisi rumah warga yang terendam banjir. Orang nomor satu di Kabupaten Pandeglang itu menanyakan kondisi kesehatan warga satu demi satu. Kebanyakan warga mengeluhkan kepada Pemerintah untuk segera mencari solusi agar musibah banjir tidak terjadi lagi di Munjul. Selain itu, ada juga warga yang meminta bantuan obat-obatan kepada Ibu Irna karena sebagian warga ada yang mulai diserang penyakit gatal-gatal. Selesai melihat kondisi masyarakat, Ibu Irna melanjutkan pemeriksaan ke tenda pengungsian yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi banjir. Di tempat itu, Ibu Irna meminta kepada Pegawai untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warga dan memberikan pertolongan apabila ada warga yang diserang penyakit, atau kekurangan makanan.

Bu Irna Narulita Saat Mengunjungi Lokasi Banjir Kampung Sukajadi, Desa Mekarjaya, Kecamatan Panimbang.

Bu Irna Narulita Saat Mengunjungi Lokasi Banjir Kampung Sukajadi, Desa Mekarjaya, Kecamatan Panimbang.


“Ibu minta, semua warga Ibu ini agar sabar. Jangan mikirin barang-barang yang kena banjir dulu, lebih baik pikirin keselamatan dulu karena itu jauh lebih penting,” ujarnya.
Ibu Irna mengatakan, apabila ada warga yang terkena penyakit atau membutuhkan bantuan, segera menghubungi petugas yang ada di lapangan. “Ibu sudah meminta kepada para petugas agar segera melayani warga, karena keselamatan warga masyarakat sangat penting,” katanya.

Yuk Salurkan bantuan Sobat untuk Pandeglang dengan menghubungi Facebook Banten News

Source Berita RadarBanten.co.id
Source Gambar : radarbanten.co.id; facebook Banten News

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *