Gempa guncang Pandeglang

Gempa pandeglang 2017
Pandeglang – Gempa bumi tektonik yang terjadi pada Jumat (10/3) pukul 23:33:14 WIB dengan kekuatan 4.7 Skala Richter, terletak pada koordinat 7.13 LS dan 105.36 BT di Laut sekitar 132 Km Barat Pelabuhan Ratu, pada kedalaman 10 km.

Dampak gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Panimbang, Cibaliung, dan Pandeglang dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (II-III MMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Joko Siswanto melalui keterangan tertulis menjelaskan, hingga laporan ini disusun pada pukul 00.45 WIB belum terjadi aktivitas gempa susulan.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Selatan Jawa diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ungkapnya.
Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.

Source:
Gambar : Twitter @infoBMKG
Berita : Radar banten

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *