Tips Menghilangkan Outomatic Calculation Di Excel

Kali ini Saya akan berbagi ilmu (buat yang belum tau) tentang Automatic Calculation di Microsoft Excel 2001/2013. Perhitungan otomatis pada Excel sebenarnya sangat membantu kita dalam memudahkan perhitungan saat kita bekerja menggunakan Excel. Namun, problem muncul ketika file data kita terlalu berat atau PC/Laptop kita yang kurang memenuhi spesifikasi untuk penggunaan Excel 2007/2013. Saya sendiri saat bekerja menggunakan Excel 2013 dan membuat berbagai formula atau rumus-rumus tertentu di worksheet akan muncul proses Automatic Calculation secara persentase (%) di pojok kanan bawah pada Worksheet Excel.Supriani.com | Automatic Calculation Kemunculan Calculation Automatic ini kadang mengganggu pekerjaan jika data kita terlalu berat atau banyak formula/rumus pada worksheet. Bahkan jika PC/Laptop minim spesifikasinya akan mengalami hang beberapa menit dan akan mengalami not responding. Hal ini mmebuat Saya sedikit kesal karena membuang waktu saat mengerjakan tugas. Apalagi Saat menggunakan Excel, Saya banyak menggunakan formula atau rumus-rumus ditambah banyak Sheet yang harus dibuat dengan data-data yang lebih dari 100.000 baris. Akhirnya Saya coba tanya ke Mbah Google dan menemukan beberapa artikel yang membahas (Saya cantumkan sumber yang menjadi referensi saja).
Berikut Tips nya untuk menghilangkan Automatic Calculation :
Supriani.com | Automatic calculation Option1. Buka Menu File pada Excel yang digunakan kemudian pilih Option;
2. Pilih menu Formula;
3. Cek bagian Workbook Calculation, secara default akan tercentang pilihan Automatic.
4. Untuk menghilangkan Automatic Calculation ini, silahkan centang pilihan Manual.
5. Klik OK jika telah selesai.

Setelah selesai, excel pun tidak akan memunculkan Automatic Calculation lagi, dan kinerjanya kan terasa lebih cepat. jadi, bagi Sobat yang pernah atau sedang mengalami masalah ini silahkan dicoba tips ini.
Sederhana memang tips Excel ini, tapi lumayan membantu pekerjaan sehingga tidak membuang waktu hanya untuk menunggu proses kalkulasi otomatis.
Semoga bermanfaat.

Salam keikhlasan.

Source:
1. https://wajibbelajarsepanjanghayat.wordpress.com
2. www.ilmusoftware.com

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *