Bagaimana cara menggunakan Fitur Mandiri ClickPay dari Bank Mandiri?

Awalnya bingung cara menggunakan Fitur Mandiri ClikPay. Karena selama ini yang sering digunakan hanya Fitur Mandiri Internet. Sebenarnya sudah menyaman menggunakan Layanan Internet Banking untuk setiap kali belanja di Marketplace. Tapi, karena Ineternet Banking pihak Marketplace harus melakukan verifikasi pembayaran sehingga membutuhkan waktu yang tak terduga untuk memproses transaksi, terutama Marketplace pihak ke-3 semacam Tokopedia yang harus meneruskan kepada penjual. Dengan Fitur Mandiri ClickPay, verifikasi dilakukan secara otomatis sehingga bisa langsung diproses atau diteruskan kepada penjual setelah pembayaran dilakukan, menghemat waktu.
Pada waktu pertama kali menggunakan fitur ini, lumayan bingung juga padahal telah mengikuti petunjuk baik dari Marketplace maupun dari web Bank Mandiri. Terutama pada saat input otorisasi transaksi dimana kita harus input 3 kode Challenge yang diberikan pihak Marketplace. Setelah dicoba beberapa kali akhirnya bisa juga. Nah, berikut adalah tata cara menggunakan Fitur Mandiri ClikPay dari Bank Mandiri.
Setelah melakukan Ckeckout di Marketplace dan memilih metode pembayaran Mandiri ClickPay, muncul halaman verifikasi Token Mandiri ClickPay.
Langkah pertama adalah masukkan nomor Kartu Debit (ATM) Mandiri (16 Digit)
Siapkan Token Mandiri yang biasa digunakan untuk transaksi di Internet Banking Bank Mandiri
Token_Mandiri.jpg
1. Aktifkan Token Mandiri dengan menekan tombol merah ( ) pada keypad
2. Pada layar token akan terdisplay: PIN _ _ _ _ _ _
Masukkan 6 digit angka Password atau PIN token
3. Pada layar akan terdisplay : APPLI
4. Tekan angka 3 pada keypad (Metode Appli 3) dan pada layar token akan tampil : 1 _ _ _ _ _ _
5. Lihat angka yang terdapat di kolom “Challenge Code 1” pada situs Marketplcae. Biasanya berupa angka 10 digit akhir dari Nomor Kartu Debit (ATM)
6. Masukkan angka tersebut (10 Digit Challenge Code 1) pada token, kemudian tekan tombol merah () selama 3 detik hingga layar token menampilkan : 2 _ _ _ _ _ _
7. Masukkan Challenge Code 2 (nominal pembayaran) pada token, Tekan tombol merah () selama 3 detik hingga layar token menampilkan : 3 _ _ _ _ _
8. Lanjut masukkan Challenge Code 3 (Nomor Transaksi) yang ada di situs Marketplace, kembali tekan tombol merah () selama 3 detik hingga layar token menampilkan angka 6 digit sebagai angka respon.
9. Masukkan angka 6 digit yang tampil di layar token ke situs Marketplace. Jangan lupa untuk klik tombol submit/proses pada situs Marketplace.

Jika kode (6 digit respon) benar, maka akan tampil halaman loading untuk memproses transaksi. Jika berhasil, maka Transaksi sukses dan pemesanan akan segera di proses.

itulah tatacara menggunakan Fitur Mandiri ClickPay dari Bank Mandiri. Pembayaran mudah dan tanpa konfirmasi pembayaran.

Semoga bermanfaat.

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *