Menutup Kolom Komentar Pada Postingan Tertentu

S

ebulan lebih tidak update di web ini karena kesibukan dalam dunia nyata, hingga banyak postingan yang tertunda seperti mengenai kata bijak Hitam Putih Trans7 yang biasa saya buat setiap Minggu. Selain postingan yang molor, akibat dari hibernate selama sebulan lebih ini menyisakan pekerjaan yang lumayan menyita waktu. Spamming! Yups. Banyak komentar spam yang bermunculan terutama di laman ini. Lihat saja pageview-nya, 10 ribu lebih dan komentarnya hampir mencapai 1000 komentar dengan status spam! mantaps!
Untuk mencegah komentar spam bermunculan lagi pada laman itu, saya pun menutup kolom komentar hanya pada laman itu. Awalnya saya sendiri masih bingung bagaimana caranya menutup kolom komentar pada sebagian postingan. Karena yang saya tahu hanya ada pilihan menutup kolom komentar jika postingan telah melewati 14 hari dan itu berlaku untuk semua postingan, sementara saya hanya ingin postingan tertentu saja. Lantas saya mencari di Google, ternyata banyak sekali hasil pencariannya namun hanya beberapa yang sesuai dengan apa yang benar-benar saya cari. Pada web ini akhirnya saya memutuskan untuk mencari tahu lebih lanjut. Ternyata caranya cukup mudah, sayangnya saya kurang begitu meng-eksplore cms wordpress sehingga tidak tahu cara tersebut.
Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama adalah kita harus login terlebih dahulu pada panel admin web/blog wordpress kita, sebab kalo tidak login dipastikan tidak akan bisa melakukan cara tersebut;
  • Pada Dashboard Admin, pilih “Tulisan” atau “Posts” kemudian pilih fitur “All Post”;
  • Sorot pada judul postingan yang akan kita tutup kolom komentarnya, maka akan muncul beberapa opsi dan pilih atau klik link “Sunting Cepat” atau “Quick Edit”;
  • Maka akan muncul fitur penyuntingan cepat yang menampilkan beberapa opsi untuk kita setting. Untuk menutup kolom komentar kita hilangkan tandak check pada pilihan “Allow Comments” atau “Izinkan Komentar”;
  • Kemudian klik tombol “Perabahrui” atau “Update” dan lihat hasilnya pada postingan tersebut.

Itulah ilmu yang saya dapatkan hari ini mengenai Woprdpress, cara menutup Kolom Komentar pada postingan tertentu. Terima kasih buat Mas Tri atas ilmunya.

Selain dengan cara menutup kolom komentar seperti di atas, untuk menghalau spamboat saya pun menggunakan beberapa cara pencegahan yang saya dapatkan dari blog Mas Alwi, diantaranya adalah:

  • Menghalau spam tanpa Plugin;
  • Membatasi jumlah minimal dan maksimal karakter pada kolom komentar;
  • Memasang Quiz Anti Spam tanpa Plugin.

Untuk langkah-langkahnya, Insya Allah dilain kesempatan saya akan buat di postingan berbeda. Karena hari ini saya harus membersihkan spam-spam tersebut baik di web maupun di google webmaster karena banyak daftar link-link yang rusak akibat ulah spam. Selain itu akibat ditinggal sebulan lebih, posisi web ini pun langsung terjun di Alexa baik yang global apalagi yang lokal. Tapi biarlah kalo masalah peringkat atau rank mah, yang penting web ini bersih dulu.

Itulah yang dapat saya bagi hari ini, mudah-mudahan bermanfaat. Mohon maaf atas keterlambatan pembuatan postingan terutama buat pecinta acara “Hitam Putih Trans7” karena saya belum membuat postingan tentang kata bijak disetiap akhir pekan. Insya Allah akan saya buat kembali di hari yang akan datang.

About the Author

Komentar

  1. Just had the same thing happen with my Oly Stylus 1030 that others here have: On my fourth snorkel trip, and just barely below the surface of the water, the screen went black and I saw water seeping across it. It would not work. When I got back to the boat and opened the battery door, water poured out. I’m very disappointed. I think the thing takes really good pictures and it’s definitely rugged. But in my experience, waterproof it is not.

  2. I had light patterns in my one eye for months ((like if you were to palm your eyelids with heavy pressure) and I wrote that off as the sinus infection from hell) and then Bing-Bang-Boom I had the lightening storm, and low and behold, I go to the doctor and the vitreous detached. . . So yesterday, the other eye started flashing as the previous one did…and it has me worried…. . I’m going to the ophthalmologist in two weeks, but I was just wondering I guess as much as anything…. . BTW – is there anything that be given (drops?) for eye pain. It hurts in a really peculiar way..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *