Lagi Capek-capeknya Tapi Susah Tidur?

Hal ini yang sering dialami dan dirasakan setelah aktivitas seharian, keinginan sih tidur pulas tanpa ada beban pikiran. Tapi apa mau dikata, mata malah susah untuk diajak berkolaborasi dan ujung-ujungnya jadi susah tidur alias insomnia. Kalo dibiarkan terus-menerus, yang ada malah penyakit berdatangan baik fisik maupun mental.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar hal ini tidak terjadi lagi?

Lagi Capek-capeknya tapi susah tidur

Gambar: hellosehat.com


Melansir hippwee, ada beberapa hal yang harus kita cek dan perhatikan sebelum beranjak tidur yang menjadi penyebab kenapa susah tidur padahal lagi capek-capeknya.
Yuk kita cek.

1. Cahaya kamar kurang gelap merupakan salah satu sebab susah tidur

Cahaya Kamar Kurang Gelap

Gambar : guesehat.com

Dilansir dari laman National Geographic, seharusnya lampu di kamar jangan menyala jika mau tidur. Karena cahaya lampu mengurangi produksi melatonin, yaitu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal. Hormon ini berfungsi untuk menyebabkan kantuk. Jadi, pantas kalo lampu masih terang rasa kantuk belum juga datang. Selain itu, ketika mata kita terpapar cahaya di malam hari, otak akan mengira itu adalah saatnya untuk bangun. Ini nih yang kadang terjadi juga, tidur hanya sekitar 2 sampe 3 jam kemudian bangun dan susah untuk kembali tidur.
Nah mulai sekarang, matikan lampu saat akan beranjak tidur.

2. Smartphone atau perangkat elektronik

Main Gadget

Gambar : hopetocope.com

Nah ini juga nih yang selalu tidak bisa lepas dari pandangan mata bahkan menjelang tidur. Sama seperti lampu, paparan cahaya gadget dan perangkat elektronik lainnya mempengaruhi produksi hormon yang menyebabkan kantuk. Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Australia, penggunaan Smartphone yang berlebih di malam hari dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kualitas tidur sehingga di pagi hari akan terasa lebih letih dan kurang bersemangat.
Mulai sekarang, yuk kurangi penggunaan alat elektronik saat malam hari.
Artikel Lainnya :  9 Cara Pabrik Rokok Membuat Produknya Lebih Nyandu

3. Suhu Tubuh dan Ruangan

Suhu tubuh dan ruangan mempengaruhi susahnya tidur

Gambar : rumah123.com

Diambil dari laman kontan.co.id, Dr. Christopher Winter, Direktur Medis di Charlottesville Neurology & Sleep Medicine, dalam Huffington Post mengatakan
bahwa suhu kamar tidur dapat mempengaruhi kemampuan kita untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.
Menurut Winter, suhu tubuh secara alami mengalami kenaikan maupun penurunan selama periode 24 jam, dengan angka tertinggi terjadi pada malam hari dan yang paling rendah sekitar jam 5 pagi. Biasanya ritme tidur akan dimulai saat suhu tubuh mulai turun, sehingga ruangan yang dingin dapat mendorong kita untuk tertidur lebih cepat.
Sejalan dengan Winter, penelitian yang dilakukan di University of South Australia juga menemukan bahwa bentuk insomnia tertentu terjadi akibat regulasi suhu tubuh yang buruk. Ruangan yang lebih dingin bisa membuat tubuh menjadi cukup dingin untuk mencapai tingkat tidur yang lebih dalam dan restoratif, begitu kata peneliti.
Pantas saja ya ketika hujan di malam hari, lebih cepat ngantuk dan tidur terasa nyenyak.
Lalu, berapa suhu ideal untuk menghindari Insomnia?
Winter mengatakan, temperatur kamar sebaiknya berada pada kisaran 18-20 derajat celcius untuk mendapatkan tidur terbaik. Suhu di atas 22 derajat celcius atau di bawah 15 derajat celcius, umumnya lebih berisiko menyebabkan kegelisahan tidur.
Ayo cek kembali bagi yang menggunakan AC, berapa suhu yang digunakan saat malam.
Kalo gak ada AC, ya cukup dengan kipas angin atau exhaust fan.
Artikel Lainnya :  9 Cara Pabrik Rokok Membuat Produknya Lebih Nyandu

4. Perut kosong membuat susah tidur

Perut kosong menjadi susah tidur

Gambar : sleepflawless.com


Kalo ini sih udah pasti berasa, kalo perut kosong alias lapar akan sulit untuk tidur karena perut keroncongan. Selain itu, perut lapar juga bisa menyebabkan penurunan gula darah yang bisa membuat kita terbangun di malam hari. jadi, usahakan perut sudah terisi cukup sebelum pergi tidur, ya!

Ingat, terisi cukup ya jangan berlebih.

5. Protein dan karbohidrat berlebih juga menjadi penyebab susah tidur

Protein dan karbohidran menjadi penyebab sulit tidur

Gambar : fellowshipchurchct.com

Perut lapar membuat kita susah tidur, dan akhirnya makan untuk mengisi perut agar bisa tidur. Tapi, seperti yang diingatkan pada point 4, usahakan perut sudah terisi cukup. Tidak berlebih. apalagi karbohidrat dan protein yang berlebih. Kenapa?
Seperti dilansir pada laman detik.com, Protein lebih sulit dicerna oleh tubuh sehingga membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras semalaman. Perlu diketahui juga, bahwa tubuh manusia tidak diciptakan untuk mencerna makanan saat tidur dan itulah yang menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak. Hindari makanan yang tinggi protein di malam hari, atau kita bisa menyantapnya minimal tiga jam sebelum jam tidur. Begitu juga dengan karbohidrat, usahakan tidak mengkonsumsi banyak karbohidrat atau makanan tinggi gula karena bisa membuat otak lebih aktif.
Jadi, makan pada saat malam secukupnya saja dengan menu yang tidak terlalu banyak mengandung protein ataupun karbohidrat.

Artikel Lainnya :  9 Cara Pabrik Rokok Membuat Produknya Lebih Nyandu

6. Minum Obat tertentu

beberapa obat bisa menyebabkan susah tidur

Gambar : boombastis.com

Jika kita diharuskan minum obat sebelum tidur, coba cek dan perhatikan obatnya. Karena ada beberapa obat yang bisa menyebabkan susah tidur, terutama obat alergi dan antidepresan.

Sebaiknya bicarakan dengan dokter mengenai obat tersebut. Jangan sampai sakit yang dialami bertambah parah karena tidak bisa beristirahat dengan baik. Begitu juga dengan obat tidur, sebaiknya hindari karena akan menimbulkan ketergantungan. Atau jika terpaksa, mintalah petunjuk dokter.

7. Memaksa untuk tidur

Percuma memaksakan diri untuk tidur, cobalah rileks

Gambar : nationalgeographic.grid.id


Jangan terlalu memaksakan diri agar tertidur, tapi lakukanlah kegiatan yang membuat Anda rileks. Misalnya mendengarkan musik bertempo lambat, membaca buku atau berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah. Aktivitas ringan ini akan menenangkan sehingga lebih mudah mengantuk dan tertidur. Berbaring dan memaksa untuk terlelap saat kita sebenarnya sulit tertidur justru akan membuat kita semakin terjaga.
Jadi, rileks lah ketika akan tidur. Jangan terlalu memaksa.

8. Obrolan serius dengan pasangan saat menjelang tidur

Jangan ambil obrolan serius saat pillowtalk

Gambar : idntimes.com

Mengobrol dengan pasangan saat menjelang tidur atau biasa disebut pillow talk memang bagus untuk untuk sebuah hubungan. Namun, sebaiknya obrolan tidak berlangsung lama dan hindari membahas hal yang serius. Karena jika itu terjadi, produksi kortisol dan adrenalin jadi meningkat dan bisa memicu respon stres. Peningkatan hormon ini bisa membuat sulit tidur bahkan terjaga hingga larut malam.

Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum beranjak tidur. Hindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab susah tidur. Jangan biarkan kesulitan tidur terus menemani kita, karena itu bisa mengganggu kesehatan fisik maupun mental.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk saya dan teman-teman.

Terimakasih,

Yayan

Sumber:
https://hipwee.com
https://nationalgeographic.grid.id/read/131892162/sulit-tidur-di-malam-hari-mungkin-ini-beberapa-penyebabnya
https://kesehatan.kontan.co.id/news/ini-suhu-ruangan-ideal-agar-terhindari-insomnia
https://www.mummypages.ie/late-night-mobile-phone-use-can-pose-risk-to-teenagers-mental-health
https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-2776345/6-kesalahan-pemicu-insomnia-yang-sering-dilakukan-sebelum-tidur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.