MiTV 4A, Smart TV Murah Dari Xiaomi

Xiaomi Mi TV 4A diperkenalkan oleh Xioami pada September 2018 lalu dengan dua variant, yaitu 32 Inch dan 43 Inch. Jangan sebut Xiaomi jika tak menghadirkan suatu produk dengan harga yang bisa membuat banyak orang langsung tergiur begitu melihatnya. Begitupun dengan produk Xiaomi yang baru diperkenalkan ini, Mi TV 4A 32 Inch dibanderol dengan harga dibawah 2 jutaan namun tak mengurangi fungsionalitasnya. Seperti apa performanya? Berikut ulasannya.

Xiaomi Mi TV 4A

Desain, Layar, Konektivitas Xiaomi Mi TV 4A

Untuk Desain sepertinya Xiaomi tak terlalu ambil pusing, hal ini terlihat dengan tampilan Mi TV 4A yang ala kadarnya. Tapi bukan berarti jelek, tampilannya terlihat sederhana atau bisa dibilang minimalis dengan balutan warna hitam diseluruh bodinya. Karena minimalis, hanya ada satu tombol fisik pada perangkat Televisi yang terletak di bawah logo Mi bagian depan. Tombol ini bertindak sebagai tombol power untuk menyalakan dan mematikan perangkat Televisi. Untuk navigasi di dalam perangkat Televisi menggunakan remote control yang tidak memiliki banyak tombol.

Bodi yang tipis menjadikan Televisi ini dapat diletakkan di ruang yang terbatas ukurannya. Namun di bagian belakang berbentuk agak besar. Hal ini kemungkinan untuk menampung aneka komponen yang ada di dalam Smart TV tersebut.

Lalu, bagaimana dengan kualitas layarnya?

Dengan harga yang terjangkau, tentunya tidak perlu berharap akan disuguhkan tampilan gambar yang memukau. Yang penting, gambar terlihat tajam dan warna yang disajikan masih tergolong lumayan untuk dinikmati. Dengan layar LED sebesar 32 inch, Xiaomi hanya membekali kemampuan resolusi gambar di bawah full HD, namun di atas HD yakni 1366 x 768(WXGA). Terasa tanggung memang, melihat saat ini tren tayangan 4K pun sudah semakin diminati, apalagi dalam sajian streaming video yang mulai menjamur. Tingkat kepekatan warna hitamnya biasa saja. Selain itu, Xiaomi Mi TV 4A memiliki refresh rate 60Hz yang sudah mencukupi untuk mendukung konten seperti film. Sudut pandangnya juga lumayan, yakni 178 derajat.

Artikel Lainnya :  Spesifikasi Realme 6 series dan Harga

Konektifitas

Tak cuma rancangan pada bagian layar dan sisinya saja. Desain di bagian belakang pun tidak ada pengaturan ruang yang menarik. Seperti yang dikatakan di atas, bagian belakang berbentuk agak besar, ada tonjolan berbentuk kotak yang berfungsi sebagai rumah dari aneka port. Semua port tersusun sejajar pada sisi kanan belakang layar. Positifnya ketika semua port digunakan secara bersamaan, tidak membuat kabel terlihat berantakan dan terfokus di satu titik yang sama. Port yang tersedia adalah Ethernet, Composite RCA, 3 HDMI, 2 USB, antena, dan jack line out 3,5mm.

Xiaomi Mi TV 4A-Port
Port Ethernet
Port Ethernet berfungsi untuk menghubungkan Xiaomi Mi Tv 4A ke internet via koneksi kabel LAN. Tetapi, mengingat hampir semua penerapan internet di setiap rumah sudah menggunakan sambungan Wi-Fi, saya rasa port Ethernet pada Xiaomi MiTV 4A akan sangat jarang digunakan, atau bahkan tidak akan sama sekali.
Port HDMI
3 port HDMI terbilang lengkap karena rata-rata penggunaan SmartTV di kelasnya cuma menyediakan 2 port HDMI. Sebagai informasi, port HDMI 1 pada Xiaomi Mi T ini dilengkapi dengan teknologi Audio Return Channel (ARC), sehingga Anda dapat menghubungkan home theater menggunakan port tersebut sekaligus menyalurkan sinyal audio ke home theater via kabel HDMI yang sama.
Koneksi Nirkabel
Sementara itu, untuk koneksi nirkabel, Xiaomi Mi TV 4A sudah dilengkapi dengan WiFi dan Bluetooth 4.2 sehingga kamu pun dapat menghubungkan berbagai perangkat lainnya, seperti mouse dan keyboard nirkabel, atau sepasang headphone/speaker Bluetooth, bahkan gamepad. Cukup menarik bukan?

Masalah konektivitas, Xiaomi MiTV 4A itu bisa dibilang sangat lengkap sehingga membuat kita memiliki pilihan alternatif dalam menggunakan port sesuai dengan perangkat lain yang kita miliki.

Dimensi

Secara keseluruhan, dimensi Televisi berukuran 479 mm x 733 x 180 mm (posisi dengan dudukan) dengann berat 3,94kg. Bobot yang ringan untuk ukuran Televisi 32 inch sehingga mudah untuk proses pemindahan posisi. Sayangnya, Xiaomi tidak menyertakan fitur yang memungkinkan Mi TV 4A dipasang di dinding. Perusahaan hanya memberikan dua dudukan (kaki) yang terbuat dari plastik dan terlihat kurang kokoh.

Secara umum desain Xiaomi Mi Tv 4A tidaklah menggugah selera. Pun dalam urusan material yang terasa kurang kokoh. Penekanan pada fungsi dan harga mungkin bisa menjadi sebab mengapa hal tersebut bisa terjadi. Buat kamu yang memang Mi Fans, bisa jadi hal tersebut bukan persoalan berarti.

Artikel Lainnya :  Rekomendasi SmartTV Murah dan Cara Memilih SmartTV Terbaik

Audio

Dari segi audio, Xiaomi Mi TV 4A 32 inch dibekali 2 buah speaker 8W stereo, cukup standart dikelasnya. Sekedar nonton film masih terdengar lumayan. Untuk lebih mantap lagi memang harus menggunakan perangkat audio eksternal.

Mi Remote dari Xiaomi Mi TV 4A

Xiaomi Mi TV 4A - Mi Remote Xiaomi MiTV 4A dibekali sebuah remote yang menggunakan teknologi Bluetooth. Sehingga kita tidak perlu mengarahkan remote secara langsung ke televisi sebagaimana remote dengan teknologi IR (Infra Red). Mempertahankan konsep desain minimalis Mi TV 4A, remote ini hanya memiliki 12 tombol yang ditenagai dengan baterai type AAA. Meski begitu, Xiaomi berusaha menyertakan fitur terbaiknya ke dalam remote control ini. Ya, fitur Voice Google Assistant tersedia pada remote yang mereka namakan Mi Remote.

12 tombol yang tersedia adalah Tombol power, Voice Google Assistant, 4 tombol navigasi, tombol “OK”, 2 tombol menu antarmuka yaitu android dan Patchwall, tombol back, dan 2 tombol untuk mengatur volume.

Sistem Operasi dan Konten

Untuk urusan sistem operasi, Xiaomi Mi TV 4A hadir dengan Android 8.1 Oreo ( Saat ini sudah update ke versi 9 Pie). Sistem operasi ini kemudian dimodifikasi oleh Xiaomi dengan membuat user interface (antarmuka) khusus bernama Patchwall yang lebih bersahabat digunakan dan ditambahkan tekhologi kecerdasan buatan (AI). Tampilan UI-nya sederhana dengan format drop-down tanpa batas, yang artinya Anda hanya perlu menggeser layar ke bawah untuk menjangkau semua konten yang diinginkan. juga untuk memaksimalkan fungsi sebuah media tontonan menarik.

Patchwall dan Kecerdasan Buatan

Berkat teknologi kecerdasan buatan (AI), PatchWall akan memberi rekomendasi konten-konten mana saja yang mungkin sesuai dengan kesukaan kamu berdasarkan history yang ditonton sebelumnya. Selain itu, Patchwall OS juga mengklasifikasi konten berdasarkan Movies, TV, Music, dan VIP. Xiaomi Mi TV 4A juga mendapatkan dukungan dari aplikasi-aplikasi Google. Mulai dari Google Play Store, Chromecast bult-in, Google Voice Search, dan Android TV. Secara default, aplikasi video seperti YouTube, iFlix, HOOQ, dan Catchplay, bahkan Netflix (untuk Update versi 9) sudah langsung ter-install termasuk Miracast pada Update terbarunya.
Artikel Lainnya :  Spesifikasi Realme 6 series dan Harga

Prosessor

Seperti perangkat pintar lainnya, Xiaomi Mi TV pun ditanamkan sejumlah hardware mumpuni. Untuk seri ini, Xiaomi membenamkan prosesor Amlogic Cortex A53 64 bit quad-core 1.5 GHz didongkrak oleh RAM 1GB dan memori internal sebesar 8GB. Dari total memori internal sebesar 8GB, sistem operasinya sendiri memakan ruang memori hingga 3,1GB dan aplikasi bawaan serta data lainnya mengambil memori sekitar 1,7GB Tersisa ruang memori kurang lebih 3GB yang bisa diisi beragam aplikasi tambahan seperti game TV sampai menyimpan film hasil unduhan. Sayangnya kapasitas memori di Televisi ini tidak memungkinkan ditambah menggunakan microSD. Dengan kapasitas yang terbatas, besar kemungkinan pengguna harus berpikir keras untuk menginstal aplikasi apa saja ke dalam TV ini. Namun, untuk masalah file tambahan seperti foto, musik atau film unduhan, kita bisa menyimpannya menggunakan flashdisk dengan memanfaatkan 2 port USB yang tersedia.

Kesimpulan

Meski masih ada kekurangan, Xiaomi Mi TV 4A 32 inch tetap menjadi perangkat hiburan yang wajib Kamu pertimbangkan. Harganya yang murah membuka kesempatan bagi lebih banyak orang untuk memiliki sebuah TV pintar di rumahnya dengan beragam konten menarik untuk dinikmati. Patchwall OS yang intuitif dan user friendly serta dukungan Update sistem menjadi nilai lebih dari TV pintar milik Xiaomi ini.

Dibanderol kisaran Rp 1.500.000,- hingga 1.999.000 di pasaran (Web resmi Rp. 1.999.000,- dengan potongan harga Rp. 100.000,-), Xiaomi Mi TV 4A 32 inch merupakan smart TV terbaik di kelasnya, mungkin satu-satunya perangkat yang mampu menghadirkan sejumlah teknologi terbaik dengan harga ramah di kantong. Xiaomi Mi TV 4A adalah opsi yang menggiurkan untuk Anda yang ingin memiliki TV layar besar dengan kemudahan akses menuju jutaan konten-konten digital.

Jadi, bagi kamu yang ingin mencari smartTV LED dengan harga terjangkau yang tersedia tiga ports HDMI (bisa PS4, Xbox One, Switch), dan konektivitas ke internet via kabel atau WiFi, maka TV ini dapat menjadi pilihan.

Rekomendasi SMartTV murah lainnya bisa dilihat disini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.