Menghitung Selisih Antara Dua Tanggal Dalam Excel

Untuk mengetahui selisih antara dua tanggal dalam Program EXCEL atau Worksheet, kita dapat menggunakan formula Datedif sebagai berikut:

  1. Menghitung Selisih Hari
    ketik pada cell : =datedif(cell tanggal awal;cell tanggal akhir;”d”)
    Contoh :
    Selisih Antara dua tanggal dalam excel menentukan selisih hari

    Menghitung Selisih Hari pada excel

    Pada contoh di atas, tanggal awal ada pada cell C41 dan tanggal akhir terdapat di cell D41. Maka, formula yang di gunakan padacell E41 ialah =datedif(C41;D41;”d”). d adalah standart dari excel untuk mengembalikan jumlah hari penuh diantara dua tanggal tersebut yang diambil dari awalan day.
  2. Menghitung Selisih Bulan
    ketik pada cell : =datedif(cell tanggal awal;cell tanggal akhir;”m”)
    Contoh :
    Selisih Antara dua tanggal dalam excel menentukan selisih bulan

    Menghitung Selisih Bulan pada Excel

    Untuk contoh ke-dua yang ditunjukan gambar di atas, adalah formula untuk mengetahui selisih bulan dengan posisi cell yang masih sama. Tanggal awal ada di cell C41 dan tanggal akhir di cell D41. Maka pada cell E41 diisi dengan formula =datedif(C41;D41;”m”). Dimana “m” digunakan untuk mengembalikan selisih jumlah bulan di antara dua tanggal yang diambil dari awalan month.
  3. Menghitung Selisih Tahun
    ketik pada cell : =datedif(cell tanggal awal;cell tanggal akhir;”y”)
    Contoh :
    Selisih Antara dua tanggal dalam excel menentukan selisih tahun

    Menghitung Selisih Tahun Pada Excel

    Tidak jauh berbeda dengan contoh ketiga, masih menggunakan posisi cell yang sama dan formula atau rumus yang digunakan ialah =datedif(C41;D41;”y”). Huruf y untuk mengembalikan selisih jumlah tahun secara penuh di antara dua tanggal tersebut dan diambil dari awalan kata year.
Artikel Lainnya :  Cara Kirim E-Mail dari Localhost XAMPP

Menghitung selisih dua tanggal dengan akumulasi tahun, bulan, dan hari

Selain ketiga formula di atas, masih ada formula yang dapat kita gunakan untuk mengetahui selisih antara dua tanggal dalam excel dengan penggabungan argument ym yaitu untuk mengetahui sisa bulan yang melewati tahun penuh.

Contoh kita ingin mengetahui berapa usia kita secara terperinci mulai dari tahun, bulan, dan hari. Formula yang digunakan ialah sebagai berikut:

  • Untuk jumlah tahun, gunakan formula pada contoh ke tiga, yaitu menggunakan argument “y”
  • Selanjutnya ialah sisa bulan setelah tahun diambil dengan menggunakan rumus datedif(tanggal_awal;tanggal_akhir;”ym”) dengan contoh mengambil posisi cell yang sama maka rumusnya ialaha datedif(C41;D41;”ym”)
  • Sementara untuk mengetahui sisa hari, kita menggunakan rumus yang berbeda, yaitu tanggal_awal-DATE(YEAR(tanggal_akhir);MONTH(tanggal_akhir);1). Jika mengikuti contoh posisi cell di atas, maka rumus yang dgunakan untuk mengetahui sisa hari ialah C41-DATE(YEAR(D41);MONTH(D41);1), dimana 1 adalah mewakili hari pertama pada bulan tersebut
Artikel Lainnya :  Tips Menghilangkan Outomatic Calculation Di Excel

Maka rumus lengkap yang digunakan untuk mengetahui akumulasi selisih dua tanggal adalah =datedif(C41;D41;”y”)&” Tahun, “&datedif(C41;D41;”ym”)&” Bulan, “&C41-DATE(YEAR(D41);MONTH(D41);1)&” hari”

Sehingga akan didapatkan hasil (contoh) 19 Tahun, 4 Bulan, 5 hari.

Itulah Formula untuk mengetahui selisih antara dua tanggal dalam excel. Adapun untuk penulisan Formula tergantung bagaimana pengaturan excel atau PC kita sendiri. Jika kita menggunakan pengaturan Bahasa Inggris pada Excel atau PC maka tanda Titik Koma (;) diganti menjadi tanda Koma (,) sehingga menjadi =datedif(cell tanggal awal,cell tanggal akhir,”d”)

Terima kasih,

Semoga bermanfaat.

Yayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.